Monday, January 17, 2011

Proposal Proyek Pengadaan Laboratorium Jaringan Komputer

File lengkap dapat di donwnload disini

Kata Pengantar

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT, yang masih memberikan kepada kami segala rahmat, cinta, kenikmatan, kesempatan dan kekuatan sehingga kami mampu menyelesaikan proposal ini. Shalawat dan salam kita limpahkan kepada Nabi agung kita, Muhammad saw, yang selalu menjadi panutan bagi kita semua.
Dewasa ini, kebutuhan dan mafaat Jaringan Komputer semakin dirasakan di berbagai pengguna teknologi. Jaringan Komputer banyak diimplementasikan baik di kalangan bisnis, perkantoran, pemerintahan dan dunia pendidikan, bahkan pengguna komputer rumahan. Jaringan komputer mampu mempercepat, mempermudah dan mengefesiankan setiap aktivitas pengguna komputer.

Dalam bidang pendidikan jaringan Komputer sangat mendukung dalam hal pembelajaran. Banyak instani pendidikan yang membangun jaringan komputer untuk fasilitas pembelajaran, yang bertujuan meningkatkan mutu pendidikan instansi tersebut.
Maka dari itu, kami mengajak kepada pihak SMA Mangkubumi X untuk mengadakan kerjasama dalam pengadaan laboratorium jaringan komputer di sekolahan tersebut supaya aktivitas pembelajaran di SMA Mangkubumi X berjalan dengan efesien. Sehingga dengan adanya laboratorium Jaringan komputer tersebut dapat mempermudahkan pembelajaran di SMA Mangkubumi X khususnya pembelajaran dalam bidang teknologi.
Semoga proyek ini nantinya dapat berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat bagi pihak yang bersangkutan. Dan jika ada kesalahan ataupun kekurangan dalam penulisan proposal ini, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yogyakarta, 18 Januari 2011
Pimpinan Proyek


Afifuddin

Daftar Isi
(dapat di lihat di file aslinya)

I. Latar Belakang
Dalam dunia pendidikan, adanya suatu laboratorium adalah suatu hal yang sangat penting terutama dalam bidang teknologi. Seperti halnya Laboratorium jaringan komputer, di mana setiap siswa dan guru pasti dalam pembelajaran tentang komputer akan membutuhkan laboratorium tersebut. Maka dari itu, setiap sekolahan yang belum mempunyai laboratorium jaringan komputer akan tertinggal dan tidak dapat berkembang dalam bidang teknologi informasi.

SMA Mangkubumi X merupakan salah satu dari sekolahan yang belum mempunyai laboratorium jaringan komputer. Maka perlu diadakannya suatu proyek pengadaan laboratorium jaringan komputer di sekolahan tersebut supaya system pendidikan dan pengajaran di sekolahan tersebut dapat meningkat dan berkembang dengan baik.
Pada proyek ini akan memanfaatkan ruangan yang sudah tersedia di lokasi SMA Mangkubumi X. Dalam hal kebutuhan material, kami menggunakan material yang baru, dalam artian kita membeli karena belum tersedia dari pihak SMA Mangkubumi X serta kami menggunakan material yang bermutu bagus. Dalam menggunakan jasa manusia, kami memilih SDM yang mempunyai intelegence tinggi dan yang ahli dalam bidang yang kita butuhkan. Dalam proyek ini kami berusaha memaksimalkan kinerja serta menggunakan peralatan dengan mutu yang bagus guna mencapai hasil yang optimal. Dengan demikian diperlukan perencanaan metode pelaksanaan serta perhitungan anggaran biaya yang akurat agar diperoleh hasil hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.
Pada Pembangunan proyek ini kami merencanakan proyek berjalan dalam waktu 3 bulan dengan anggaran biaya Rp 118.066.000. Dengan waktu yang cukup lama dan biaya yang rendah kami berusah memaksimalkan semua segmen kinerja pekerjaan yang telah direcanakan sehingga hasil yang dicapai memuaskan.
Dengan adanya Proyek Pengadaan Laboratorium Jaringan Komputer ini sangatlah mendukung untuk kemajuan mutu pendididkan di SMA Mangkubumi X, yang merupakan salah satu pendukung membentuk identitas sekolahan yang mempunyai masa depan baik di mata masyarakat. Sehingga SMA Mangkubumi X diterima dalam tantangan pendidikan yang semakin hari semakin berkembang.

II. Tujuan
1. Tujuan Bisnis
1. Market standing, yaitu kepuasaan dari SMA Mangkubumi X yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan kami untuk memperoleh profit dalam jangka panjang.
2. Innovation yaitu inovasi dalam hasil proyek pengadaan laboratorium jaringan komputer serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tambah pada suatu produk, yaitu dengan menginstal system operasi yang didukung dengan aplikasi-aplikasi lain yang dibutuhkan dalam pembelajaran di SMA Mangkubumi X.
3. Physical and financial resources, perusahaan kami memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.
5. Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap pekerjaan adalah memaksimal kinerja pekerjaan guna mencapai hasil yang dapat memuaskan dari pihak SMA Mangkubumi X.
6. Public Responsibility, proyek kami memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, menciptakan lapangan kerja, serta memajukkan dibidang pendidikan dll.
2. Tujuan Teknisi
• Mengembang Fasilitas di SMA Mangkubumi X khususnya di bidang teknologi
• Mengembangkan minat belajar para siswa SMA Mangkubumi X
• Memajukkan pendidikan di SMA Mangkubumi X
• Pengembangan Mutu pendidikan di SMA Mangkubumi X agar lebih diterima oleh masyarakat


III. Objektif
Proyek ini mempunyai objektif:
1. Pembuatan laboratorium disesuaikan dengan kebutuhan di SMA Mangkubumi X, yang membutuhkan sebuah laboratorium jaringan untuk kemudahan sistem pembelajaran bagi para siswa.
2. Projek ini dikerjakan dalam jangka waktu 3 bulan dan total dana sebesar Rp. 118.066.000, mulai dari analisis, design, pembelian, pemasangan, pengujian keseluruhan laboratorium jaringan, pelatihan dan finishing.
3. Projek ini telah disetujui oleh pihak sekolah dan kami selaku penerima projek dengan ketentuan yang tertera dalam surat perjanjian.
4. Penetapan anggaran biaya pada projek ini telah disepakati oleh kedua pihak sesuai dengan sumber daya yang digunakan untuk mengerjakan projek.
5. Kualitas hasil projek dapat di komplain pada saat pengujian yang dihadiri oleh kedua pihak, dan jika terdapat ketidak puasan maka stakeholder dapat menuntut untuk merevisi ulang.
6. Deadline projek ini terhitung 2 minggu setelah terjalin kesepakatan antara kedua belah pihak.

IV. Scope Statement
1. Nama proyek kami adalah pengadaan laboratorium jaringan di SMA Mangkubumi X.
2. Projek ini dimulai pada tanggal 14 Januari 2011, dan selesai pada tanggal 14 April 2011, dengan pimpinan proyek saudara Afifuddin, email i.aviev@email.com , nomer HP 085230768222.
3. Dan dengan Pemilik projek Bapak Sutrisno, S.Pd, pihak sponsor Bapak Tratmo, SE, dan pihak sekolah SMA Mangkubumi X.
4. Proyek ini baru akan dilaksanakan setelah mendapatkan persetujuan dari semua pihak yang terkait tentang segala yang berkaitan dengan proyek dari durasi, dana dan lain-lain.
5. Dalam proyek pembuatan pengadaan laboratorium jaringan di SMA Mangkubumi X ini, yang kami berikan kepada sekolah adalah laporan tentang semua kegiatan proyek ini yang kami pegang.
6. Perubahan lingkup proyek akan terjadi jika semua elemen yang bersangkutan dengan proyek telah menyetujui dengan melakukan pengkajian terlebih dahulu.
7. Bila proyek telah sesuai dengan anggaran, waktu dan jaminan kualitas sesuai dengan kesepakatan, maka proyek dapat diterima.
8. Laboratorium yang kami bangun adalah merupakan salah satu perangkat sekolah yang akan menunjang dan membantu proses belajar mengajar para siswa. Dan, proyek yang kami kerjakan adalah membuat sebuah laboratorium jaringan yang nantinya akan digunakan oleh para siswa di SMA Mangkubumi X, untuk membantu system pembelajaran para siswa.
9. Hasil akhir dari projek ini adalah terbangunnya suatu laboratorium jaringan di SMA Mangkubumi X.

V. Deliverable
Deliverable adalah memberikan sesuatu yang mempunyai wujud kepada pihak-pihak yang memberi job/pekerjaan. Dan dalam projek ini sendiri, nanti akan tersedia dan terpenuhinya sarana/laboratorium jaringan internet di SMA Mangubumi X yang kemudian bisa digunakan baik itu oleh siswa/siswi maupun oleh guru dan pihak-pihak lain yang ada di Sekolah SMA Mangkubumi X.
VI. Exclusions
Hal-hal yang tidak masuk dalam proyek kami adalah :
- Maintanance.
- SDM pemelihara.
- Pengadaan garansi.
- Pengadaan gedung.
- Pengadaan sumberdaya listrik.

VII. Related proyek
Proyek lain yang terkait dengan proyek pengadaan labolatorium jaringan di SMA Mangkubumi X antara lain :
- Proyek pembuatan toko/koperasi siswa yang menjual berbagai peralatan yang berhubungan dengan komputer, seperti flash disc, cd blank, dll. Proyek Pembangunan toko komputer (service) di sekitar sekolah yang bisa membantu apabila terjadi kerusakan di lab jaringan SMA Mangkubumi X.
- Proyek pengadaan jaringan internet kabel dan hotspot sekolah.
- Proyek pembuatan tempat kursus bagi siswa/guru yang ingin lebih mengerti tentang komputer/jaringan yang letaknya ada di dekat sekolah.

VIII. Asumsi
Asumsi kebutuhan biaya dalam pembangunan Laboratorium ini adalah:
NO KOMPONEN BIAYA KETERANGAN
1 Hardware Rp 110.000.000 30 PC & alat-alat pendukung
2 Software Rp 3.500.000 OS & applikasi
3 Human Resources Rp 5.000.000 Analis, designer, programer
TOTAL Rp 118.500.000,-


IX. Fase
1. Fase persiapan
Ada beberapa fase disini :
a. Wawancara dengan pihak sekolah
Wawancara ini dilakukan agar kami dapat mengetahui kebutuhan sekolah itu seperti apa. Wawancara ini akan dilakukan kepada kepala sekolah, guru IT, beberapa guru, dan beberapa siswa.
b. Analisa permasalahan
Setelah melakukan identifikasi, maka kami bisa menganalisa permasalahan dalam pengerjaan proyek ini.
2. Fase pembuatan design
Pembuatan design ini sebagai modal awal melangkah ke fase pembangunan, agar semua lebih terlihat jelas dan pekerjaan lebih terarah.
3. Fase sosialisasi
Setelah design telah dibuat, maka kami akan melakukan sosialisasi dengan pihak sekolah dimana disini diwakili oleh guru IT di SMA Mangkubumi X tentang bentuk dari laboratorium, rencana pemasangan dan segala hal yang berkaitan dengan langkah awal sebelum pembangunan.
4. Fase pembangunan laboratorium
Pada fase ini dibagi beberapa tahapan :
- Pembelian barang. Pada fase ini pembelian mencakup semua hardware dan software.
- Pemasangan. Pada fase ini pemasangan mencakup semua hardware dan software.
5. Fase pengujian
Pada fase ini akan dilakukan pengujian laboratorium secara keseluruhan, dan akan ada testing selama sepuluh hari. Apabila terjadi eror, maka kami akan memperbaikinya. Bila dalam sepuluh hari tidak terjadi eror, maka kami anggap tidak ada kerusakan pada laboratorium dan diluar sepuluh hari itu sudah bukan tanggung jawab kami.
6. Fase pelatihan
Pelatihan ini akan diadakan pada hari pertama setelah masa testing berakhir. Pelatihan akan kami berikan kepada para guru, siswa dan laboran.
7. Fase penyerahan kepada pihak sekolah
Setelah semua selesai, maka kami akan menyerahkan hasil proyek secara simbolik dan tertulis. Dan pemberian pernyataan secara tertulis, bahwa proyek ini telah selesai.

X. Jadwal Utama Kegiatan
XI. (bisa dilihat di file aslinya)
XII.(bisa dilihat di file aslinya)
XIII. Analisa Stakeholder
Berdasarkan analisa kami, stakeholder dalam proyek kami antara lain :
1. For – Active (Aktif mendukung)
Yaitu stakeholder yang aktif mendukung langsung dapat membantu pengerjaan proyek. Keberadaannya sangat diharapkan agar dapat memperlancar proyek. Dalam proyek kami, mereka antara lain:
• Siswa SMA Mangkubumi X
• Guru IT SMA Mangkubumi X

2. For – Passive (Pasif mendukung)
Yaitu stakeholder yang turut mendukung keberlangsungan proyek tetapi tidak dapat secara langsung turun tangan membantu dalam proses pengerjaan. Dalam proyek kami, mereka antara lain:
• Guru mata pelajaran lain
• Osis
• Kepala sekolah SMA Mangkubumi X

3. Against – Active (Aktif tidak mendukung)
Yaitu stakeholder yang aktif namun tidak mendukung dan tidak membantu proyek serta cenderung menghambat atau mengganggu. Dalam proyek kami, mereka antara lain:
• PT. Citra Nusantara (perusahaan lain yang serupa dengan perusahaan kami)
• Aparat setempat (yang biasa meminta pungutan liar)
4. Against – Passive (Pasif tidak mendukung)
Yaitu stakeholder yang hampir dapat dikatakan tidak mempengaruhi keberlangsungan proyek. Dalam proyek kami, mereka antara lain:
• Warga setempat
• LSM setempat


Atau dapat digambarkan seperti berikut ini :

(bisa dilihat di file aslinya)

XIV. Potensi Masalah
Dalam pembuatan proyek ini, kemungkinan timbulnya masalah akan selalu ada. Dan kami mengidentifikasi potensi masalah yang akan muncul diantaranya :
- Biaya membengkak.
- Dateline mundur.
- SDM kurang mendukung. Contoh, teknisi yang kurang sigap dalam pemasangan komputer, sehingga menurunkan kinerja.
- Gangguan pada kabel.
- Mati lampu, sehingga tidak bisa melakukan penginstalan.
- Kerusakan pada CD instal.
- Kerusakan pada hardware komputer.
- Koneksi terganggu karena server mati.
- Jaringan internet disconnect/trouble.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best CD Rates